Sunday, September 10, 2017

Sejarah dan Kisah Rumah Hantu Darmo Yang Terkenal Angker


Sejarah dan Kisah Rumah Hantu Darmo Yang Terkenal Angker- Sebagian dari Anda tentunya sudah pernah mendengar atau bahkan adna melihat melalui tayangan di televisi terkait rumah berhantu Darmo Surabaya yang penuh dengan misteri itu.  Rumah berlantai dua ini hanyalah rumah kosong yang mayoritas bangunannya sudah rusak. Kondisinya sudah tidak utuh lagi dan sudah ditinggalkan penghuninya selama berpuluh-puluh tahun.

Rumah Hantu Darmo Surabaya ternyata bukanlah rumah kosong yang biasa. Namanya sudah tersohor terdengar di seantero Surabaya dan di sekitarnya. Kabarnya rumah kosong yang sudutnya berornamen cantik ini memang dihuni oleh para dedemit. Aura mistiknya bisa mengundang perhatian mereka yang terjun di dunia ghaib dan supranatural. Bahkan beberapa acara di televisi seperti Mister Tukul dan Dua Dunia pernah menjadikan rumah hantu darmo ini sebagai lokasi syutingnya.

Banyak orang yang mencoba untuk memberanikan diri memasuki rumah yang konon katanya sangat angker itu. Sejujurnya mereka timbul perasaan takut saat pertama kali nya menapaki tangga masuk. Rumah kosong berhantu ini sepintas terlihat tak menakutkan. Seperti rumah kosong yang biasa. Apakah karena saat itu kunjungan dilakukan pada siang hari. Coba bila jika mereka datang pada malam hari tentu keadaannya akan lain. Pastinya lebih mencekam. Namun ternyata banyak juga yang datang saat malam hari.

Beberapa sudut dari rumah kosong ini terlihat di penuh dengan coretan-coretan tanpa adanya makna. Aneh juga mungkin rumah yang khabarnya berhantu akan teatapi banyak juga yang usil. Ada dua versi dari kisah Rumah Hantu Darmo ini. Yang pertama, sang pemilik rumah ingin menjadi sesorang yang kaya raya dan ingin sukses namun dengan cara yang instan atau memperkaya diri dengan jalan yang tidak wajar yaitu dengan menggunakan pesugihan.

Mereka akhirnya mengadakan suatu perjanjian dengan setan sebagai penunggu pesugihan . Suatu saat mereka benar-benar tidak kuat untuk membayar tumbal atau tak mampu untuk menyediakan sesajen, maka para setan pesugihan pun menjadi sanga murka. Dan meminta sesajen tumbal yang berupa arwah mereka sendiri. Kapal yang ditumpangi akhirnya tenggelam di daerah Pulau Madura. Arwahnya pun bergentayangan dan merupakan milik setan penunggu pesugihan itu.

Versi yang kedua, si pemilik sengaja untuk menggadaikan rumah itu ke bank sebab rumahnya yang berhantu. Pemiliknya kabur entah menuju kemana. Rumah yang besar itu akhirnya dibiarkan kosong bertahun-tahun. Cerita misteri terkait Rumah Hantu Darmo seakan-akan tidak pernah padam.
Rumah Hantu Darmo sendiri bukanlah tempat wisata yang resmi. Uniknya tempat yang sangat menyeramkan itu justru didatangi orang dan membuat penasaran. Belum ada informasi yang jelas tentang kapan rumah itu dibangun dan kapan ditinggalkan oleh penghuninya. Belum ada juga tindakan tegas dari aparat untuk menutup atau mungkin saja mengelolah kembali rumah kosong yang terlihat angker itu sehingga menjadi aset wisata di Kota Surabaya tesebut. Selama ini upaya yang dilakukan hanyalah sebatas membiarkan rumah hantu darmo sebagai tempat ritual untuk ngalap berkah. Ataupun sebagai tempat para muda untuk menyalurkan hobi fotografinya.

Rumah Hantur Darmo yang kosong itu pun seringkali didatangi muda-mudi. Setiap sore  atau pagi hari para petugas kepolisian dari Polsek Surabaya selalu merazia tempat tersebut.

Bahkan dulu pernah ada sepasang kekasih yang berbuat mesum di sana hingga keduanya tewas mengenaskan. Kisah ini sepertinya tidak  berlebihan. Karena sebuah rumah yang dibiarkan tetap kosong tanpa adanya penghuni selama berpuluh-puluhan tahun dan seringkali dijadikan tempat mesum dan ritual sesat tentunya bisa menjadi tempat yang nyaman untuk  bersemayamnya roh-roh gaib.

Sekarang rumah ini sudah tak terawat lagi. Rumah ini sudah ditinggalkan oleh penghuninya sejak lebih 10 tahun lalu. Keluarga yang mendapat warisanpun tak ada yang mau untuk menempati rumah ini karena terlalu takut adanya banyak kejadian-kejadian mistis yang terjadi di tempat tersebut mulai dari adanya suara - suara tangis tengah malam hingga penampakan yang menjelma menjadi sesorang wanita cantik dan menggoda para pengguna jalan.

Menurut beberapa warga di sekitar yang pernah menanyakannya terkait mahluk halus yang merasuki seseorang, pada saat pertama kali terjadi kesurupan di rumah tersebut, sekitar 8 atau 9 tahun yang lalu.  Makhluk tesebut bilang bahwa keluarga pemilik rumah itu tak menepati janji sesuai dengan kesepakatan yakni memberikan tumbal dan sesajen.

Kini keberadaan rumah hantu sudah menjadi buah bibir yang paling terkenal untuk pecinta alam gaib di Surabaya sehingga tempat tersebut tak akan pernah sepi pengunjung. Cobalah untuk menguji nyali bagi Anda yang belum pernah mendatangi dan rasakanlah langsung atmosfernya. Entah sekedar untuk ingin tahu ataupun hanya ingin membuktikan secarah langsung, namanya juga legenda. Di siang hari, di hari tertentu rumah tersebut tidak jarang berubah juga menjadikan spot foto yang menarik bagi fotografer.

Akan tetapi sekarang rumah ini sudah agak ramai, karena banyaknya orang-orang yang datang ke tempat tersebut cuma sekedar foto-foto ataupun mengobati rasa penasarannya saja, jadi jika sobat-sobat yang ada di surabaya ataupun sekitarnya jika malem-malem tidak ada hiburan mending jalan-jalan kesini aja.

Sebuah legend paling tersohor di Surabaya yaitu Rumah Hantu Darmo atau yang lebih akrab disebut dengan RHD yang terletak di Jln. Puncak Permai II No 26, Sukomanunggal di Surabaya. Berbagai versi kisah mistis mengiringi tempat rumah tersebut yang memanglah terlihat menyeramkan dari luar ataupun di dalam rumah angker tersebut.

Rumah hantur darmo yang sangat luas itu kondisinya sudah tidak terawatt lagi. Atap rumahnya yang sudah tak ada dan menyisakan beberapa pilar-pilar dan tembok. Semak belukar pun bisa tumbuh tidak hanya di bagian halaman rumah, namun juga bagian di dalam rumah yang berada di lantai 1, lantai 2 ataupun lantai bawah. Pagarnya juga tidak ada dan tembok yang kondisinya sebagian miring. Tulisan berbagai macam warna warni cat telah tersebar hampir di seluruh tembok dan pilang.


Pemilik Rumah Hantu Darmo
Banyak sekali kejadian mistis yang terjadi di Rumah Hantu Darmo Surabaya ini atau disekitarnya, baik yang dialami oleh warga sekitar ataupun pengendara yang lewat. Cerita soal rumah hantu darmo ini banyak sekali versinya namun yang paling populer itu yaitu kisah keluarga penghuni rumah itu yang mempunyai perjanjian dengan mahluk halus atau yang biasa disebut dengan pesugihan. Konon, keluarga ini diberikan kekayaan yang berlimpah dan kesuksesan dengan syarat bersedia untuk memberikan tumbal setiap malam jumat.

Tumbalnya pun harus manusia dan tidak bisa diganti dengan hewan. Suatu saat keluarga ini ingin untuk menghentikan pesugihan ini dan tidak ingin memberikan tumbal lagi. Keluarga ini segera pergi dengan menggunakan kapal laut pribadinya, akan tetapi saat di tengah perjalanan kapal ini tiba-tiba tenggelam. Entah karena kecelakaan atau mahluk halus tidak ada yang mengtahui nya. Bahkan, sampai saat ini kapal yang dinaiki mereka belum ditemukan.

Pada saat  keluarga ini pergi, mereka telah meninggalkan seorang seorang baby sitter dan pembantu yang katanya saat itu umurnya sekitar 25 tahun an. Setelah ditinggalkan keluarga majikannya, baby sitter dan pembantu ini tewas karena dibunuh, akan tetapi sampai saat ini pun pembunuh baby siter dan pembantu juga tak ditemukan. Sejak saat itu lah rumah yang sangta besar ini kosong, sampai di tahun 1997 rumah ini terbakar akan tetapi tak ada yang mengetahui tentang apa penyebab kebakaran itu.

Menurut cerita dari seorang warga, sebuut saja minto. Rumah yang besar tersebut memang dikenal dengan sebutan rumah Hantu. Ia menceritakan bahwa banyak kejadian aneh yang bisa membuat ketakutan. Saat masih SMP kelas 2, Minto ini bekerja sebagai loper koran dan ingin mengirim koran tersebut ke seorang pelanggan di kawasan rumah Darmo Harapan. "saat loper koran waktunya sekitar subuh, ia melihat ada penampakan wanita yang mengenakan pakaian dengan warna putih namun agak layu berjalan di persimpangan jln Puncak Permai Darmo Harapan, tepatnya  di depan rumah hantu.

Kondisi yang menyeramkan pun juga terasa didalam rumah hantu darmo tersebut pada malam hari. Seperti yang telah disampaikan Ira, salah seorang warga Lidah Kulon, Surabaya. Ira menceritakan bahwa dia pernah datang pada malam hari bersama dengan teman-temannya dan saudara laki-lakinya, yang memiliki kemampuan indra keenam. "dia mengatakan bahwa dia melihat sesosok bertubuh besar dan juga ada harimau di dalam rumah tersebut.

rumahhantublog

Artikel Terkait

Sejarah dan Kisah Rumah Hantu Darmo Yang Terkenal Angker
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email