Sunday, October 22, 2017

Legenda Succubus dan Jenisnya

Legenda Succubus dan Jenisnya

Succubus adalah setan perempuan yang datang ke pria, terutama para bhikkhu, dalam mimpi mereka untuk merayu mereka dan berhubungan seks dengan mereka, mengambil energi dari laki-laki untuk mempertahankan diri mereka sendiri, sering sampai titik kelelahan atau kematian. Legenda ini adalah penjelasan untuk fenomena mimpi basah dan kelumpuhan tidur. Lilith dan Lilin (Yahudi), Belili (Sumeria) dan Rusalka (Slavia) adalah succubi.

Incubus dan Succubus: Dalam dongeng abad pertengahan, succubus adalah roh setan perempuan yang akan berbaring dengan laki-laki untuk mencuri sperma mereka: itu dapat dijadikan sebagai penjelasan dari perasaan sensual pada malam hari dan mimpi basah. Sama halnya dengan incubus, bentuk pria dari succubus, kadang-kadang mengubah bentuknya antara pria dan wanita untuk "memberikan" sperma tersebut kepada wanita.

Sebuah setan perempuan cabul atau goblin yang mengambil rupa seorang perempuan dan mencari hubungan seksual dengan laki-laki, biasanya saat mereka sedang tidur.
Putri dari succubi adalah Nahemah. Untuk putranya disebut dengan Incubus. Keturunan setengah-manusia disebut Cambion.

Menurut pandangan kebanyakan teolog Abad Pertengahan, perbandingan jumlah incubi dengan succubi adalah sembilan dengan satu, tetapi jumlah succubi yang lebih sedikit dapat mereka tutupi dengan menggunakan daya tarik yang cukup besar untuk merayu laki-laki dan membawa mereka ke hukuman kekal.

Dari Legends of Succubus:
Succubus adalah iblis dari legenda yang diduga "memangsa" pria saat ia tidur; semacam vampir seksual. Atri dari nama succubus sendiri berasal dari bahasa Latin akhir-succuba artinya pelacur, yang pada gilirannya berasal dari abad pertengahan yang berarti sub cubaire Latin 'yang terletak di bawah' ("that which lies beneath"). Versi laki-lakinya adalah incubus (dari Latin 'yang terletak di atas'). Ada beberapa sumber yang mengklaim bahwa succubus dan incubus adalah satu dan makhluk yang sama yang dapat berubah bentuk saat ingin memangsa manusia.

Pada abad pertengahan, succubus dipandang sebagai makhluk yang menakutkan yang membunuh korbannya dengan minum napas mereka. Hal ini menarik bahwa, pada saat itu, nafas dilihat sebagai bagian dari jiwa orang, dan dengan melakukan hal tersebut, succubus dianggap mencuri jiwa korban. Kemudian, kebiasaan succubus dianggap lebih seksual daripada vampiric nature, gagasan ini mungkin muncul karena perubahan sosial yang melihat penyimpangan seksual sebagai dosa berat, dan mereka yang melakukan dosa terhadap Allah, pantas menerima nasib mereka dalam beberapa cara.

JENIS SUCCUBUS :

Lilith
Legenda Succubus dan Jenisnya

Lilith memiliki banyak origin. Dalam salah satu versi dari versi bin-Sira dalam Alkitab, Lilith adalah istri pertama Adam (sebelum Hawa) dan telah dibuat pada saat yang sama saat tuhan menciptakan Adam. Dalam mitos Yunani, dia adalah dewi bulan gelap atau Dark Moon (Artemis adalah dewi bulan purnama, dan Hecate adalah dewi bulan sabit). Dalam legenda Mesopotamia, Lilith adalah dewi kesuburan / bumi yang melindungi anak-anak manusia dan membantu untuk memanen makanan. Dalam mitos Arab dan Yahudi, bagaimanapun, dia tetap succubus. Satu setan wanita yang memburu pria, menggoda dan mengambil hidup mereka dengan ciuman. Ibu-ibu Yahudi percaya Lilith akan datang untuk mengambil anak-anak mereka dan memakannya.

Lilin
Legenda Succubus dan Jenisnya

Menurut cerita rakyat Yahudi, 'lilin' adalah putri Lilith dan Adam, dilahirkan saat Lilith adalah istrinya. Mereka adalah setan, dengan fungsi mereka sebagai succubus. Pria dan para ibu takut serangan lilin, karena mereka dipercaya suka menculik anak-anak, seperti Lilith.
Para lilin dianggap sebagai roh malam.

Mara
Legenda Succubus dan Jenisnya

'Mara' adalah raksasa wanita luar biasa yang menggantung orang ketika tidur. Orang yang menjadi korban akan merasa tekanan di dada mereka, dan beberapa orang melaporkan bahwa mereka melihat Mara berbaring di dada mereka, menyekik leher mereka, dan sebagian besar disertai dengan kelumpuhan tidur (sleep paralysis).

Rusalka
Legenda Succubus dan Jenisnya

Dalam mitologi Slavia 'Rusalka' ialah hantu perempuan, water nymph atau succubus-seperti setan yang tinggal di danau. Matanya bersinar seperti api hijau. Pria yang tergoda akan meninggal dalam pelukannya, dan dalam beberapa versi suara tawanya juga dapat menyebabkan kematian (bandingkan dengan Banshee Irlandia). Dia mirip dengan nixie Skandinavia dan Jerman. Versi hantu dari succubus ini sebenarnya jiwa seorang wanita muda yang meninggal di atau dekat danau (banyak dari rusalki dibunuh oleh kekasihnya), dan datang untuk menghantui danau itu; Rusalka dapat mati dengan tenang jika kematiannya dibalaskan.

Yuki-Ona
Legenda Succubus dan Jenisnya

'Yuki-onna' ("Wanita salju") adalah roh yang ditemukan dalam cerita rakyat Jepang. Dia adalah tokoh populer di animasi Jepang, manga, dan sastra. Yuki-onna terkadang dibandingkan dengan Yama-uba ("mountain crone"/wanita tua yang buruk rupa dan tinggal di pegunungan), tetapi dua tokoh ini tidak sama.

Yuki-onna muncul sebagai seorang wanita tinggi cantik dengan rambut panjang. Kulitnya pucat tidak seperti manusia atau bahkan transparan, menyebabkan dia dapat menghilang ke dalam landscape salju. Terkadang ia memakai kimono putih, tetapi legenda lainnya menggambarkan dia telanjang, dengan hanya daerah wajah, rambut, dan beberapa bagian lain yang tampak. Meski begitu cantik, matanya dapat menyebabkan teror ke manusia. Dia berjalan di atas salju, tanpa meninggalkan jejak (pada kenyataannya, beberapa cerita mengatakan dia tidak memiliki kaki), dan dia bisa berubah menjadi awan kabut atau salju jika merasa terancam.

Yuki-onna memiliki kepribadian seperti musim dingin, bahkan badai salju. Ia indah dan tenang, namun kejam dalam membunuh manusia. Sampai abad ke-18, ia digambarkan sebagai spirit jahat. Namun, cerita yang beredar sekarang ini lebih manusiawi, menekankan sifat hantu dan kecantikan singkatnya.

Dalam banyak cerita, Yuki-onna menunjukkan dirinya kepada pelancong yang terjebak dalam badai salju dan menggunakan napas es nya untuk membuat mereka meninggal dengan seluh tubuh terselimuti es. Legenda lain mengatakan bahwa ia menunjukkan jalan yang salah pada pelancong sehingga mereka meninggal. Pada cerita lainnya, ia memanifestasikan dirinya sedang memegang anak. Ketika ada orang yang mengambil "anak" tersebut, dia beku di tempat. Orangtua yang mencari anak hilang sangat rentan terhadap taktik ini. Legenda lain membuat Yuki-onna jauh lebih agresif. Dalam cerita ini, dia sering menyerang rumah-rumah penduduk, meniupkan hembusan angin di pintu, membunuh penduduk saat mereka tidur (meskipun beberapa legenda mengatakan bahwa ia harus diajak masuk lebih dulu).

Sosok Yuki-onna bervariasi dari cerita ke cerita. Terkadang ia hanya puas melihat kematian korbannya. Dilain cerita, dia lebih vampirik, menguras darah korbannya atau "kekuatan hidup". Dia sesekali mengambil cara seperti succubus, memangsa laki-laki lemah dengan membekukan mereka melalui hubungan seksual atau ciuman.
Seperti cuaca salju dan musim dingin yang mewakilinya, Yuki-onna memiliki sisi lembut. Dia terkadang membiarkan calon korban pergi untuk berbagai alasan. Dalam salah satu legenda populer Yuki-onna, ia membiarkan seorang anak laki-laki bebas karena ketampanannya dan usianya yang masih muda. Dia membuat anak itu berjanji untuk tidak pernah menyebut dia (Yuki-onna) lagi, dan ketika ia melanggar hal tersebut saat sudah berkeluarga dan bercerita kepada istrinya ,ternyata istrinya adalah wanita salju. Dalam legenda yang sama, Yuki-onna mencair setelah suaminya mengetahui wujud aslinya.

Allu: keturunan Succubi
Legenda Succubus dan Jenisnya

Dalam mitologi Akkadia, 'Allu' adalah ras setan mengerikan dan tak berwajah yang menghancurkan semua apa yang bisa mereka ambil. Mereka lahir saat pria tidur dengan Lilitu atau salah satu hamba setannya. Ketika pria tersebut akan meninggal, mereka mengelilingi tempat tidurnya dan menunggu saat di mana mereka bisa mengambil jiwa ayah mereka, menghalangi perjalanannya ke Underworld, dan membuatnya menjadi spirit pengganggu yang ditakuti oleh semua orang yang hidup (seperti hantu).
Dalam mitologi Sumeria 'Allu' diartikan sebagai kekuatan setan.

Belili
Legenda Succubus dan Jenisnya

'Belili' adalah dewi kecil Sumeria, Gesht-Inanna, adik Dumuzi, dan istri Nin-gishzida (penjaga pintu An). Kemudian dimasukkan dalam jajaran Babilonia dengan nama Belili atau Belit-ili (juga dieja Belet-iii), dalam waktu singkat mendapat status lebih tinggi sebagai istri dari Bel (Assyria dan Babilonia setara kepada Baal). Orang Kanaan menyebutnya Baalat atau Baalit, istri dan pasangan perempuan Baal. Sebagai istri dari Bel ia dikaitkan dengan Ishtar untuk orang Asyur dan Babel, dengan Astarte untuk Semit, dan dengan Asyera untuk Filistin, dalam pengertian ini Belili juga dapat dikaitkan dengan prostitusi sakral dan pengorbanan manusia (anak-anak, oleh api). Beberapa penulis, bagaimanapun, menghubungkannya dengan Lilith, yang umumnya terkait dengan Asmodai setan dan dianggap sebagai setan perempuan yang bertindak seperti succubus. Penulis lain mengatakan bahwa ia merupakan dewi kesuburan (ini menghubungkan lagi dengan Ishtar, Astarte dan Asyera), dan beberapa Neopagans menganggap Belili dewi ibu.

Lamia
Legenda Succubus dan Jenisnya

Sebuah konsep yang terkait [dengan succubus] adalah Lamia dari legenda Inggris kuno. Lamia dikatakan muncul di kuburan sebagai wanita cantik yang menarik orang muda untuk kematian mereka. Dia akan berbaring sambil menunggu korban, tampak seolah-olah ia membutuhkan bantuannya. Legenda mengatakan bahwa, jika Anda melihat seorang wanita dalam kuburan yang muncul membutuhkan bantuan, Anda diharapkan untuk memanggilnya, karena Lamia tidak dapat menjawab kembali, karena dia memiliki lidah ular dan hanya bisa mendesis.

Kaskus

Artikel Terkait

Legenda Succubus dan Jenisnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email