Tuesday, September 19, 2017

Kisah Tukang Tahu Bulat Yang Dikerjai Hantu

Kisah Tukang Tahu Bulat Yang Dikerjai Hantu

Kisah ini diceritakan oleh tukang tahu bulat yang beralih profesi menjadi tukang roti kepada saya. Dan ini kisah nyata yang terjadi didaerah saya.


Malam ini adalah malam jum’at, seperti malam-malam biasanya, sehabis sholat isya saya pasti berkeliling untuk jualan tahu bulat. Usaha ini memang belum terlalu lama saya geluti, ya paling baru 1 setengah bulan. Sudah mau jam 11 malam, tapi satupun tahu saya belum ada yang terjual. 

Sayapun tetap optimis dan terus lanjut berkeliling. Sampai akhirnya saya melintasi perumahan yang cukup mewah dan sepi. Entah mengapa, saya merasa capek dan sayapun berinisiatif untukberisitirahat sebentar. “Bang! Beli tahu bulatnya semua yaa!”. Sorak seorang wanita berambut panjang dari kejauhan sambil berlari menghampiri saya. “Ini teh beneran mau diborong semua neng?” tanya saya memastikan penuh semangat. “Iya bang, dirumah lagi ada temen dan pada kelaperan, kebetulan abang lewat. Cepet ya bang!”. Katanya, dan sayapun hanya mengacungkan jempol tangan saya tanda setuju. 

45 menit berlalu, tahu bulatpun sudah matang semua. “Selesai! Ini neng maaf lama, kan satunya 500, dan ini teh ada 315, 15nya anggap aja bonus, jadi bayarnya 300 tahu aja. 300x500 jadi 150.000 neng.” Kataku dengan penuh senang, dan agak lelah. “Oh oke, makasih bang! Ini uangnya.” Ucapnya, sambil menyodorkan uang pecahan 100.000 dua lembar. “Neng, abang ngga ada kembaliannya, gimana ya? Ada warung ga deket sini?” tanyaku. “Yah gada warung bang. Yaudah kembaliannya ambil aja bang.” Jawabnya dengan senyum penuh arti. “Wah, abang yang mau ngebonusin malah abang yang dikasih bonus, nuhun nya neng.” Jawabku lalu membelakangi wanita itu, karena sedang membereskan minyak bekas menggoreng. 

Namun saat saya menoleh kedepan lagi, wanita itu sudah tidak ada ditempatnya. Mungkin dia sudah pulang, karena khawatir temannya menunggu terlalu lama. Setelah itu sayapun pulang kerumah. Sampai dirumah, saat saya membuka tas pinggang yang biasa saya gunakan untuk menyimpan uang hasil berdagang, saya terkejut. Sangat terkejut. “Daon?! Dimana duit dari sieneng tadi?!” Saya benar-benar syok. Saya mengeluarkan semua isi tas itu, berharap uangnya terselip didalam tumpukan daun tersebut. Namun nihil, saya tak menemukan uangnya. Saya menangis, benar benar menangis. 

Seketika saya teringat dengan ucapan tetangga saya “Kang, kalo malem jum’at dari jam 11 keatas dagangan gada yang beli, udah pulang aja. Kalau emang gamau pulang, jangan sampe berenti diperumahan gede, apalagi sampe ada yang beli, beuh! Dijamin ku abdi, maneh teh sial! Soalnya itu kuburan bukan perumahan. Setannya pada jail sering ngerjain orang rantau yang belom tau kalau itu kuburan.” Dan semenjak saat itu, sayapun memutuskan untuk berhenti menjadi tukang tahu bulat dan berganti profesi menjadi tukang roti.

Cerbung Horror Indonesia

Artikel Terkait

Kisah Tukang Tahu Bulat Yang Dikerjai Hantu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email